Tips untuk Melamar Beasiswa VDMS Bagi Mahasiswa Program Sarjana (S1) dan D3 di Indonesia

vdms

Poster VDMS

Oleh : Albert Ch. Soewongsono

Halo Scholarship Hunters!

Saat ini Yayasan Van Deventer-Maas Stichting (VDMS) yang berpusat Belanda kembali menawarkan beasiswa untuk mahasiswa Program Sarjana (S1) di beberapa universitas di Indonesia. Tahun ini pendaftaran beasiswa VDMS akan dibuka dari tanggal 10 Februari  sampai dengan 15 Maret 2016.

Beasiswa VDMS terbuka untuk setiap mahasiswa Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan keterbatasan kemampuan ekonomi dari Perguruan Tinggi (PT) yang termasuk dalam daftar oleh VDMS (List PT dapat dilihat pada link berikut : http://www.vandeventermaas.org/en/grants/) mulai dari tahun pertama (dulu hanya diperbolehkan untuk mahasiswa yang berada di tahun kedua) dengan indeks prestasi kumulatif lebih besar sama dengan 3,00.

Ngomong – ngomong, beasiswa VDMS ini memiliki syarat semester pelamar lho. Mahasiswa yang sedang menjalani program sarjana (S1) minimal telah duduk di semester II dan maksimal di semester VI. Sedangkan bagi mahasiswa program D3, minimal telah duduk di semester II dan maksimal semester IV pada saat pendaftaran ini dibuka. Teman – teman mahasiswa yang baru melewati semester I sudah bisa melamar beasiswa ini dengan bermodalkan KHS semeter I.

Untuk wilayah Kupang, beasiswa VDMS tersedia bagi mahasiswa dari Universitas Nusa Cendana (Undana), Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW), Universitas Widya Mandira (UNWIRA) dan STIKOM Uyelindo.

Untuk memperoleh beasiswa VDMS, teman – teman mahasiswa dapat mengikuti prosedur sebagai berikut :

  1. Mendaftar secara online mendaftar melalui “Early Registration System (ERS)” yang dapat diakses pada periode pendaftaran beasiswa melalui link berikut : www.ers.vdms-scholarship.org 
  2. Teman – teman sangat disarankan untuk segera mempersiapkan semua dokumen pendukung yang nantinya akan dikirimkan melalui pos. Beberapa dokumen pendukungnya adalah sebgai berikut :
    • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Lurah atau Universitas asal.
    • Foto kopi KHS terakhir.
    • Surat pernyataan pendapatan orang tua yang ditandatangani diatas materai 6000 (format suratnya bebas).
    • Foto kopi KTP, KTM, KK, buku bank, kwitansi pembayaran listrik/telpon, dan pass photo terbaru ukuran 3×4
    • Esai dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris (disarankan untuk menulis esai dalam Bahasa Inggris) yang berisi tentang, mengapa VDMS harus memilihmu (Pada bagian ini disarankan untuk menulis lebih tentang prestasi yang telah diperoleh dan kondisi ekonomi keluarga), apa saja keunggulan dirimu (Selling Yourself), dampak yang dapat diberikan ke komunitas sebagai penerima beasiswa VDMS. Format penulisan esai dapat dilihat dalam poster.
  3. Apabila teman – teman merasa kesulitan dengan esai, teman -teman dapat menghubungi mahasiswa yang sudah pernah menerima beasiswa VDMS untuk meminta bantuan dalam mengoreksi esai atau meminta bantuan kepada senior yang dipercayai dapat membantu mengoreksi esai tersebut dengan merujuk pada format penulisan esai yang tersedia pada poster VDMS
  4. Jika teman-teman telah mempersiapkan semua dokumen yang diminta dan memenuhi persyaratan awal, serta telah menulis esainya dengan baik, maka besar kemungkinan teman-teman dapat diterima sebagai penerima beasiswa VDMS. Ingat, usahakan untuk melengkapi semua dokumen sebelum deadline.
  5. Selebihnya, dokumen – dokumen yang disiapkan dapat dikirim ke alamat yang disediakan dalam link resmi beasiswa VDMS.

Menariknya, beasiswa VDMS ini tidak seperti beasiswa pendidikan lainnya. Selain diberikan dana beasiswa sebesar Rp. 500.000/bulan (jumlah ini selalu bertambah setiap tahunnya), penerima beasiswa VDMS secara otomatis akan tergabung dalam komunitas penerima beasiswa VDMS yang para penerimanya akan dilengkapi dengan beberapa kegiatan rutin yang dilaksanakan seperti Leadership training, aksi peduli lingkungan dan regional meeting dengan para penerima beasiswa VDMS yang lain. Selain itu, setelah menjadi alumni, penerima beasiswa juga dapat tergabung dalam komunitas alumni VDMS yang memungkinkan teman – teman berkesempatan menjadi koordinator terhadap penyelenggaraan kegiatam – kegiatan dalam komunitas tersebut.

Selain beberapa manfaat manfaat di atas, penerima beasiswa VDMS akan berkesempatan untuk memperoleh :

  • Dana pendidikan yang berlanjut hinggan tahun keempat (Semester VIII).
  • Graduation Bonus bagi yang telah mengikuti ujian kelulusan
  • TOEFL Bonus bagi yang mempunyai skor TOEFL ITP diatas 500.
  • Berhak mendapatkan sertifikat kelulusan setelah menjadi alumni.
  • Berkesempatan mengikuti beberapa kegiatan sebagai bentuk Capacity Building.

Nah, setelah mengetahui besarnya manfaat yang akan diperoleh sebagai penerima beasiswa VDMS, tunggu apa lagi? Ayo buruan daftar dan menjadi bagian dari keluarga besar Van Deventer-Maas Stichting. (Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website VDMS pada, www.vandeventermaas.org). Jika ada yang mempunyai pertanyaan seputar beasiswa ini, jangan sungkan untuk menghubungi pihak VDMS melalui link “Contact Us”.

Salam sukses Para Scholarship Hunters !

vdms4

VDMS Cross Cultural dan Valentine Day di Kupang

2 thoughts on “Tips untuk Melamar Beasiswa VDMS Bagi Mahasiswa Program Sarjana (S1) dan D3 di Indonesia

  1. Kalau saya jadi salah satu dari beasiswa VDMS berarti saya akan lebih giat lagi dalm perkuliaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s