Be Empowered, Prepared, Inspired and Connected with Camp EPIC 2016

Oleh : Steven Parera

Camp Empowered, Prepared, Inspired, Connected (EPIC) merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Regional English Language Office (RELO), U.S. Embassy, Jakarta. Program ini diperuntukan bagi mahasiswa/i tahun ke empat, program studi Pendidikan Bahasa Inggris dari universitas – universitas di Indonesia dan Timor Leste yang merupakan calon guru Bahasa Inggris. Tahun ini, sebanyak 42 mahasiswa/i dari Indonesia dan Timor Leste (15%) dari 350 pendaftar, terpilih untuk mengikuti program ini yang dilaksanakan di kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, dari tanggal 18 – 30 Januari 2016.

camp1

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk melatih dan mempersiapkan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris agar dapat menjadi tenaga pengajar bahasa Inggris yang matang di masa yang akan datang. Selama dua minggu kegiatan ini berlangsung, para peserta mengikuti berbagai macam aktivitas, seperti seminar, micro-teaching, American moment, outdoor activity, talent show dan hiking.

Pada kegiatan seminar, peserta diberikan berbagai macam materi yang sangat bermanfaat dan dapat diterapkan jika menjadi tenaga pengajar bahasa Inggris selain itu pada aktivitas Micro-teaching, peserta diberikan kesempatan untu menyusun bahan ajar dan mempraktekkannya secara langsung di hadapan para fellows, counselors, dan peserta lainnya.Keuntungan dari aktivitas ini adalah kita dapat belajar membuat rancangan pembelajaran bersama peserta lainnya serta mendapat feedback secara langsung dari para fellows, counselor dan peserta tentang kelebihan dan hal – hal yang harus diperhatikan dalam membuat suatu perencanaan pembelajaran bahasa Inggris. Pada American Moment, peserta diajak untuk lebih dalam mengenal sejarah dan budaya Amerika, termasuk musik, olahraga dan makanan. Selain itu, peserta juga diajarkan beberapa permainan yang populer di Amerika, salah satu contohya yaitu “Doesn’t Elf eat Giant”. Pada Talent Show, peserta diberikan kesempatan untuk menampilkan bakat yang dimiliki, seperti bernyanyi lagu daerah, tarian daerah, mempraktekkan cara memakai baju tradisional yang benar, dan bahkan ada memperlihatkan kebolehannya dalam bidang sulap.

camp2

Program ini tentunya sangat menyenangkan karena selain bersifat fully funded, program ini juga dipandu dan diajarkan langsung oleh fellows RELO Jakarta dan panitia dari Universitas Indonesia yang luar biasa. Peserta diberikan kesempatan seluas – luasnya untuk menggunakan bahasa Inggris dalam aktivitas selama kegiatan ini, baik di dalam kelas maupun saat aktivitas lainnya. Peserta juga diajak mengunjungi beberapa objek wisata yang terkenal di Sumatera Barat, seperti Jam Gadang, Ngarai Sianok, Lobang Jepang, Danau Singkarak dan Istana Pagaruyung.

Periode pendaftaran program ini biasanya diadakan pada pertengahan tahun. Bagi teman-teman yang ingin mengikuti program ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikankan, seperti:

  • Minimal sudah mempunyai pengalaman mengajar dan merupakan mahasiswa tahun ke 4 program studi Pendidikan Bahasa Inggris.
  • Melengkapi Application form yang disediakan oleh RELO Jakarta. Untuk memperoleh form tersebut, peserta bisa langsung menghubungi Camp EPIC graduate yang ada di daerah masing-masing atau bisa langsung menghubungi RELO Jakarta.
  • Peserta harus menjawab beberapa pertanyaan yang disediakan dalam application form, berdasarkan ketentuan yang diberikan (jumlah kata dalam setiap jawaban).
  • Peserta harus mendapat rekomendasi dari salah satu dosen dan Kepala program studi Pendidikan Bahasa Inggris asal peserta.
  • Jika terpilih, segera memberikan konfirmasi kehadiran kepada panitia dan tetap ikuti informasi lanjutan yang berkaitan dengan program
  • Jika sudah saling mengenal peserta lain, mulailah berkomunikasi dengan mereka melalui email dan atau media lainnya untuk menjalin keakraban.

Adapun tindak lanjut setelah mengikuti program (Post-program activity), peserta dapat melaksanakan sharing session dengan mahasiswa pendidikan bahasa Inggris dan juga di komunitas yang teman-teman ikuti. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan teman-teman bisa menjadi THE NEXT EPIC CAMPER.

Untuk informsi lebih lanjut, silahkan akses melalui:

Salam EPIC!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s