Mengenal Sistem Orientasi Kampus di Australia Bagi Mahasiswa Baru

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang masa orientasi bagi mahasiswa baru di kampus-kampus di Australia. Pada tulisan ini saya akan menceritakan berdasarkan pengalaman ketika pertama kali mengalami masa tersebut di Australian National University (ANU). Sebelum itu, mungkin yang familiar di pemikiran teman-teman di Indonesia, ospek atau mabim bagi mahasiswa baru adalah kegiatan-kegiatan berupa pengenalan dengan senior, pengalaman dibentak oleh senior, ataupun kegiatan pengenalan angkatan lainnya yang membutuhkan daya tahan fisik, dan kebanyakkan melelahkan. Nah, di kampus-kampus di luar negeri, hal-hal seperti tersebut tidak akan dijumpai, meskipun ada juga kegiatan-kegiatan fisik tetapi yang bersifat menyenangkan dan bebas dipilih oleh mahasiswa. Jika teman-teman penasaran, langsung saja ya kita membahas apa-apa saja sih yang dilakukan selama masa orientasi, atau lebih dikenal dengan sebutan Orientation Week (O-Week), di Australia.

2

Suasana Saat Welcoming Speech di ANU

  1. Sesi Induksi Universitas dan Fakultas

Nah, salah satu agenda penting selama  O-Week yang wajib untuk tidak dilewatkan adalah sesi induksi (Induction session). Sesi ini biasanya terdiri atas dua, yakni yang diberikan oleh universitas dan juga yang diberikan oleh fakultas. Induksi dari universitas berupa pengenalan sistem perkuliahan di kampus tersebut, dan dibagi dalam beberapa workshop yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk dihadiri. Hal-hal yang dipaparkan seperti: “Managing Your Time”, “Essay Writing Strategies”, “Managing The Reading” dan kemampuan-kemampuan lainnya yang dibutuhkan oleh mahasiswa tahun pertama selama menempuh studi di universitas. Sesi induksi lainnya adalah yang diberikan oleh fakultas atau college masing-masing. Nah sesi ini tidak kalah pentingnya, karena ini adalah kesempatan perdana para mahasiswa tahun pertama untuk bertemu langsung dengan staf akademik di fakultasnya masing-masing, termasuk bertemu dengan convenor. Convenor ini terbagi lagi jadi dua, yakni course convener, yakni dosen yang mengasuh mata kuliah, dan program convenor. Kalau di Indonesia, program convenor seperti kaprodi lah ya. Nah disitu teman-teman bisa berdiskusi langsung terkait rencana studi kedepan dan hal-hal akademik lainnya. Informatif sekali kan ya ?

3

Salah Satu Sesi Workshop Selama O-Week di ANU

  1. Kesempatan Bergabung dengan Organisasi Kampus

Selama minggu orientasi, banyak stall yang akan didirikan. Salah satunya adalah stall-stall dari organisasi mahasiswa di jurusan masing-masing, seperti Law Students’ society atau Math Students’ society. Tidak hanya academic society saja yang punya stall, tetapi society yang bersifat fun juga ada, seperti society untuk penggemar permainan League of Legends (LoL) atau society penggemar budaya Korea juga ada. Selain itu ada juga stall yang didirikan oleh perhimpunan mahasiswa negara tertentu, seperti Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA), perhimpunan pelajar mahasiswa Malaysia dll. Di stall-stall tersebut, biasanya disediakan kuliner lokal masing-masing negara, lumayan kan bisa dicicipi. Jadi sepanjang deretan stall-stall, teman-teman bebas untuk berjalan mengunjungi stall manapun yang disukai. Satu lagi yang penting dan biasanya tidak disia-siakan oleh mahasiswa tahun pertama, teman-teman biasanya diberikan merchandise kecil-kecilan, seperti tas, botol air, gelas dll. Sangat berguna kan?

  1. Tur Pengenalan Kampus

Aktivitas tidak kalah penting lainnya adalah tur mengelilingi beberapa fasilitas penting di kampus. Tur ini biasanya dibawakan oleh mahasiswa tingkat lanjut dan tersedia selama beberapa kali dalam satu hari. Mahasiswa baru akan diajak berkeliling dengan berjalan kaki untuk diperkenalkan dengan fasilitas-fasilitas penting di kampus, seperti gym dan perpustakaan. Oh iya, perpustakaan juga mempunyai tur untuk memperkenalkan mahasiswa dengan fasilitas-fasilitas dalam perpustakaan dan tata cara peminjaman buku, perpanjangan masa peminjaman, pengunaan fasilitas didalamnya seperti mesin kopi, printer dan komputer.

  1. Kegiatan-Kegiatan mingle Bersama Mahasiswa Tahun Pertama

Kampus-kampus di Australia juga mempunyai aktivitas untuk saling kenal dan mengakrabkan diri, tetapi aktivitas itu dikemas dalam bentuk yang tidak akan menguras fisik teman-teman, atau bahkan sampai menyebabkan teman-teman sakit. Aktivitasnya biasanya dikemas menjadi kegiatan seperti nonton bareng di theatre kampus, meet and greet dinner, student welcome evening dll. Jadi, selain sesi berkenalannya dapat, teman-teman juga mendapatkan tambahan berupa hiburan.

1

Foto Bersama Vice-Chancellor ANU, Prof. Brian Schmidt, di sela kegiatan Postgraduate Meet & Greet

Nah sekian beberapa aktivitas yang biasa dilakukan selama O-Week di kampus-kampus di Australia. Gimana menurut teman-teman? Apakah mempunyai impian agar kegiatan-kegiatan seperti itu juga dapat diterapkan di kampus-kampus di Indonesia?.

Sampai jumpa di artikel berikutnya !

Oleh: Albert Christian Soewongsono S.Si., M.Math.Sci. (Adv)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s