Tiga Pillar MITRA

Assosiasi Mahasiswa Indonesia Timur Relasi Asing (MITRA) telah berdiri selama satu tahun lebih. Sudah ada lebih dari 10 komunitas yang dibentuk di berbagai kampus sekolah tinggi dan universitas di NTT dan proses pembangunan sudah dimulai di propinsi-propinsi lain, kelembagaan ini merupakan Assosiasi Mahasiswa dan kelembagaan sekolah tinggi yang berwawasan global. MITRA adalah kelembagaan unik karena hanya satu-satunya seperti ini yang bergerak di dalam kawasan Indonesia Timur.
MITRA – punya tiga kegiatan utama:
1. MITRA English

a. (Jangka-pendek/menengah) Membentuk suatu klub bahasa Inggris b. (Jangka-panjang) Memfasilitasi suatu kursus dengan certifikasi

 

2. MITRA Internasional

a. (Jangka-pendek/menengah) Membentuk tim yang mendukung kantor internasional dan menjadi panitia untuk semua kegiatan yang bersifat internasional.

b. (Jangka-panjang) membentuk jaringan internasional untuk membangun lebih banyak kerjasama dan program pertukaran pelajar.

 

3. MITRA Hijau

a. (Jangka-pendek) Memfasilitasi berbagai program penghijauan / pengabdian masyarakat yang menjembatani kampus dengan masyarakat.

b. (Jangka menengah) Membuat berbagai bahan belajar yang berdasarkan Education for Sustainable Development atau Pendidikan berdasarkan Pembangunan Keberlanjutan.

c. (Jangka-panjang) Membangun kerjasama dengan berbagai instansi termasuk masyarakat sipil dan pemerintah untuk penghijauan dan pelindungan lingkungan.

Ada berbagai keuntungan dari program-program tersebut baik keuntungan dari hasil program maupun yang dari proses atau keuntungan intrinsic. Ada beberapa keuntungan di antara lain:

  • Meningkatkan akkreditasi para sekolah tinggi dan universitas dengan membangun lebih banyak jalur kerjasama baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.
  • Kerjasama ini terdiri dari kerjasama penelitian atau joint research, peningatkan kapasitas penelitian dan berjejaring, publikasi dalam jurnal internasional, berbagi informasi tentang kesempatan kuliah dan beasiswa ke luar negeri. Meningkatkan kapasitas kerjasama internasional dengan membentuk Assosiasi yang bersifat internsaional yang bisa diundang ke kegiatan-kegiatan internasional.
  • Meningkatkan kapasitas pengabdian masyarakat dalam skala lebih luas.
  • Mempromosikan semua kegiatan di tingkat regional dan internasional.
  • Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris baik kemampuan dosen maupun kemampuan mahasiswa.
  • Meningkatkan kapasitas penghijauan/pengabdian masyarakat melalui Education for Sustainable Development.

 

Cari ‘MITRA’ di facebook dan ‘Assosiasi MITRA’ di Google. Atau mengunjungi : https://assosiasimitra.wordpress.com/ dan juga Equal Student Exchange (ESE) http://equalstudentexchange.blogspot.com/ yang berbagi info tentang kesempatan kuliah dan beasiswa ke luar negeri.

Advertisements